Rabu, 28 September 2011

WPA (Wi-Fi Protected Access)

Wireless Adalah koneksi antara suatu perangkat dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel. Dalam hal ini hubungan telekomunikasi dilakukan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebgai pengganti kabel. Wireless terdiri dari beberapa macam diantaranya sebagai berikut:

1. Wireless PAN = Personal Area Network yang terhubung dengan media tanpa kabel. Teknologi yang digunakan pada wireless PAN ini adalah IrDA dan Bluetooth.

2. Wireless LAN = Jaringan komputer yang terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer dan peralatan lainnya yang berkomunikasi lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Sistem ini berguna apabila penyambungan lewat koneksi kabel atau serat optik cukup mahal atau untuk aplikasi koneksi bergerak.

3. Wireless Card = Kartu yang digunakan untuk mendukung komputer bisa terhubung dalam suatu jaringan. Kartu ini biasanya digunakan pada notebook yang disebut dengan PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association).

4. Wireless Modem = Modem yang digunakan untuk jaringan tanpa kabel.

5. Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

6. WiBro (Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.

Namun dari berbagai macam wireless diatas, WLAN merupakan jenis yang paling poluler. Kemudahan kemudahan yang ditawarkan wireless LAN menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna komputer menggunakan teknologi ini untuk mengakses suatu jaringan komputer atau internet. Pada WLAN ini memiliki sistem keamanan yang salah satunya adalah WPA (Wi-Fi Protected Access). Metode ini diterapkan untuk melengkapi metode sebelumnya yaitu WEP (Wired Equivalent Privacy). Enkripsi yang digunakan pada WEP hanya satu sehingga memiliki banyak lubang keamanan yang dengan mudah dapat dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i.

WPA menggunakan kunci static dengan menggunakan TKIP (Temporal Key Integrity Protokol) yang mampu berubah secara dinamis. Protokol TKIP akan mengambil kunci utama sebagai starting point yang kemudian secara regular berubah sehingga tidak ada kunci ekripsi yang digunakan dua kali. Kelebihan WPA adalah meningkatkan enkripsi data dengan teknik Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). enkripsi yang digunakan masih sama dengan WEP yaitu RC4, karena pada dasarnya WPA ini merupakan perbaikan dari WEP dan bukan suatu level keamanan yang benar – benar baru, walaupun beberapa device ada yang sudah mendukung enkripsi AES yaitu enkripsi dengan keamanan yang paling tinggi. TKIP mengacak kata kunci menggunakan ”hashing algorithm” dan menambah Integrity Checking Feature, untuk memastikan kunci belum pernah digunakan secara tidak sah.
Metode WPA kemudian dikembangkan oleh Group 802.11i menjadi WPA2 Pre-Shared Key (WPA2 Personal). Enkripsi utama yang digunakan pada WPA2 ini yaitu enkripsi AES sehingga mempunyai kerumitan yang cukup tinggi.

Pada Security-Mode : WPA, Ada dua opsi enkripsi pada jenis ini, yaitu TKIP dan AES. TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) menggunakan metode enkripsi yang lebih aman dan juga menggunakan MIC (Message Integrity Code) untuk melindungi jaringan dari serangan. Sedangkan AES (Advanced Encryption System) menggunakan enkripsi 128-bit blok data secara simetris.

Adapun standar Authentikasi pada WPA terdapat 2 yakni WPA Personal (WPA-PSK), dan WPA Enterprise / WPA RADIUS (802.1X). Untuk solusi kemanan wireless yang lebih aman dapat menggunakan WPA2 Radius dengan Metode Enkripsi yang paling tinggi yaitu AES.

Referensi:
http://www.total.or.id/info.php?kk=Wirel…
http://antzon.wordpress.com/2006/02/02/w…
http://unsri.ac,id
http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi_Protected_Access
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "WPA (Wi-Fi Protected Access)"

Posting Komentar